Sabtu, 16 Juli 2011

MIMPI PERUBAHAN

Dalam diskusi—yang berlangsung sengit dan acap saling menusuk—dalam beberapa pekan terakhir ini di POROS, ada satu soal yang kini tengah menjadi point keprihatinan hampir sebagian besar anggota group : PERSATUAN.

Dalam pilkada 2007 lalu, persatuan menjadi persoalan yang sangat krusial. Karena ia menjadi penyebab terjungkalnya cita-cita perubahan yang konon dititipkan kepada figur-figur tertentu. Ambisi personal—dan boleh jadi kelompok—menjadi penyebab ngototnya banyak figur untuk memperebutkan kursi nomor satu di Buol. Dan hasilnya sebagaimana terjadi : tak ada satupun dari mereka yang dititipi misi suci itu yang berhasil memenangkan pertarungan tersebut.

Gejala yang sama kelihatan akan kembali terulang pada pilkada 2012. Sejumlah tokoh, baik yang lama maupun baru yang mengklaim memiliki basis pendukung yang banyak, kini tengah “pasang kuda-kuda”. Memang terlalu dini bila kita menganggap hal ini merupakan pertanda keterpecahan elite pro-perubahan. Sebab, waktu menuju hari H pemilihan masih terlampau panjang. Tetapi di sisi lain, isyarat untuk bersatu juga tak kunjung kita ditemui.

Adakah perubahan yang kita idealisasi selama ini merupakan misi-bersama kita ?. Ataukah ia sesungguhnya hanya sebentuk imaji dari sekelompok anak muda yang tersandera oleh utopia masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban ? Atau pula tidak lebih dari sekedar pelarian dari keterlanjuran : keterlanjuran berada pada posisi vis a vis dengan rezim yang ada. Sehingga kekalahan dimasa lampau tak pernah menjadi cermin pembelajaran.

Perubahan mengandaikan adanya pengorbanan dan keberbagian. Inilah yang sejatinya kita sebut sebagai perjuangan. Dalam perjuangan, tidak ada senjata yang memiliki daya ledak lebih dari persatuan. Perjuangan pun meniscayakan adanya keterleburan “ego-ego personal” kedalam misi suci itu. Dalam perjuangan tak dikenal pemimpin, pula yang dipimpin, karena itu tak penting.

Mari bercermin ! Adakah kesadaran ini telah terbit di hati kita semua ? Jika tidak, maka sudahilah mimpi kita akan perubahan…

(16 Juli 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar